Kendaraan mobil terbang di New York auto show 2012

Sebelum kita menuju ke mobil terbang, mari kita lihat dulu dari saat pertama kali mobil di ciptakan.

Mobil (kependekan dari otomobil yang berasal dari bahasa Yunani 'autos' (sendiri) dan Latin 'movére' (bergerak)) adalah kendaraan beroda empat atau lebih yang membawa mesin sendiri. Jenis mobil termasuk bus, van, truk. Pengoperasian mobil disebut menyetir.

Sejarah

Kendaraan pertama yang bekerja dengan uap mungkin pertama kali didesain oleh Ferdinand Verbiest, sekitar tahun 1672. Ia mendesain mainan kendaraaan berukuran 65 cm untuk kerajaan Cina, yang tidak bisa membawa penumpang.[1][2][3] Tidak diketahui apakah model kendaraan yang dibuat Verbiest pernah diproduksi atau tidak.[2]
Tahun 1752, Leonty Shamshurenkov, seorang berkebangsaan Rusia, membuat konstruksi sebuah kendaraan bertenaga manusia. Ia juga melengkapi kendaraan buatannya dengan odometer. Kendaraan yang ia buat mirip dengan sebuah kereta salju.[4]
Kendaraan tenaga uap pertama dibuat pada akhir abad 18. Nicolas-Joseph Cugnot dengan sukses mendemonstrasikan kendaraan roda tiga itu pada tahun 1769. Kendaraan pertama menggunakan tenaga mesin uap, mungkin peningkatan mesin uap yang paling dikenal, dikembangkan di Birmingham, Inggris oleh Lunar Society. Dan juga di Birmingham mobil tenaga bensin pertama kali dibuat di Britania pada tahun 1896 oleh Frederick William Lanchester yang juga mematenkan rem cakram. Pada tahun 1890-an, etanol digunakan sebagai sumber tenaga di Amerika Serikat.

Kepopuleran

Penemuan Cugnot penggunaannya dilihat secara rendah di tempat asalnya Perancis, dan penemuan tersebut diteruskan ke Britania, di mana Richard Trevithick menjalankan gerobak-uap di tahun 1801. Kendaraan tersebut dianggap aneh pada awalnya, namun penemuan dalam dekade setelahnya, seperti rem tangan, transmisi multi-kecepatan, dan peningkatan kecepatan dan setir, membuatnya sukses.
Sekarang ini, Amerika memiliki mobil lebih banyak dari negara lainnya. Jepang memimpin dalam pembuatan mobil, tetapi penduduk Jepang tidak mampu membiayai menjalankan mobil karena tempat parkir yang jarang dan harga bahan bakar yang mahal

Inovasi

Paten mobil pertama di Amerika Serikat diberikan kepada Oliver Evans pada 1789; pada 1804 Evans mendemonstrasikan mobil pertamanya, yang bukan hanya mobil pertama di AS tapi juga merupakan kendaraan amfibi pertama, yang kendaraan tenaga-uapnya sanggup jalan di darat menggunakan roda dan di air menggunakan roda padel.
Umumnya mobil pertama mesin pembakaran dalam yang menggunakan bensin dibuat hampir bersamaan pada 1886 oleh penemu Jerman yang bekerja secara terpisah. Karl Benz pada 3 Juli 1886 di Mannheim, dan Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach di Stuttgart.
Pada 5 November 1895, George B. Selden diberikan paten AS untuk mesin mobil dua tak. Paten ini memberi dampak negatif pada perkembangan industri mobil di AS. Penerobosan spektakuler dilakukan oleh Berta Benz pada 1888. Mesin-uap, listrik, dan bensin bersaing untuk beberapa dekade, dengan mesin bensin pembakaran dalam meraih dominasi pada 1910-an.
Garis-produksi skala besar pembuatan mobil harga terjangkau dilakukan oleh Oldsmobile pada 1902, dan kemudian dikembangkan besar-besaran oleh Henry Ford pada 1910-an. Dalam periode dari 1900 ke pertengahan 1920-an perkembangan teknologi otomotif sangat cepat, disebabkan oleh jumlah besar (ratusan) pembuat mobil kecil yang semuanya bersaing untuk meraih perhatian dunia.
Pengembangan utama termasuk penyalaan elektronik dan self-starter elektronik (keduanya oleh Charles Kettering, untuk Perusahaan mobil Cadillac di tahun 1910-1911), suspensi independen, dan rem empat ban.
Pada tahun 1930-an, kebanyakan teknologi dalam permobilan sudah diciptakan, walaupun sering diciptakan kembali di kemudian hari dan diberikan kredit ke orang lain. Misalnya, pengemudian roda-depan diciptakan kembali oleh Andre Citroën dalam peluncuran Traction Avant pada 1934, meskipun teknologi ini sudah muncul beberapa tahun sebelumnya dalam mobil yang dibuat oleh Alvis dan Cord, dan di dalam mobil balap oleh Miller (dan mungkin telah muncul pada awal 1897).
Setelah 1930, jumlah produsen mobil berkurang drastis berpasan dengan industri saling bergabung dan matang. Sejak 1960, jumlah produsen hampir tetap, dan inovasi berkurang. Dalam banyak hal, teknologi baru hanya perbaikan dari teknologi sebelumnya. Dengam pengecualian dalam penemuan manajemen mesin, yang masuk pasaran pada 1960-an, ketika barang-barang elektronik menjadi cukup murah untuk produksi massal dan cukup kuat untuk menangani lingkungan yang kasar pada mobil. Dikembangkan oleh Bosch, alat elektronik ini dapat membuat buangan mobil berkurang secara drastis sambil meningkatkan efisiensi dan tenaga. (Refferensi: http://id.wikipedia.org/wiki/Mobil)

Dengan semakin majunya jaman teknologipun semakin pusat pula.
Dimana dulunya jika mobil hanya digunakan didarat, sekarang mobil bisa berjalan diudara bagaikan pesawat terbang. Ini gamber berasal dari http://id.berita.yahoo.com/foto/mobil-terbang-di-new-york-auto-show-2012-slideshow/terrafugias-ceo-dietrich-introduces-terrafugia-transition-flying-car-photo-194910093.html











Dalam ajang pamer New York International Auto Tahun 2012 yang resmi dibuka untuk umum jumat kemarin (6/4/2012) menampilkan lebih dari 1000 mobil produk terakhir, salah satunya yang jadi perhatian pengunjung adalah mobil terbang.
Mobil terbang pertama yang ada di dunia dalam ajang pamer ini dijuluki sebagai "Transisi", mobil dua tempat duduk ini dibuat oleh produsen Massachusetts bernama Terrafugia memiliki dua sayap lipat . menggunakan bahan bakar 35 mil per galon di jalan dan memiliki kecepatan mencapai 65 mil per jam. Di udara, dapat mencapai kisaran 490-mil terbang.
"Transisi" dianggap sebagai kendaraan transformatif untuk pilot olahraga yang bisa mendapatkan sertifikasi dengan 20 jam pelatihan penerbangan. Pilot "Transisi" mendarat di salah satu bandara di 5.200 bandara publik yang ada di Amerka Serikat dan dapat melanjutkan perjalanan mereka ke jalan raya .
"New York Auto Show bisa menjadi iklan terbaik untuk mobil terbang ," kata Kepala Test pilot Phil Meteer dalam sebuah wawancara dengan Xinhua.
Menurut dia, sekitar 100 pelanggan telah membayar 10.000 dolar AS untuk uang muka mobil terbang yang bakal dipasarkan dengan harga 27,9 juta dollar Amerika per unit.
Mobil baru lainnya termasuk terbuka atas, dua-kursi Porsche Boxster dengan tubuh yang sama sekali baru ringan lebih panjang dan lebar, Mercedes-Benz SL diproduksi untuk pertama kalinya hampir seluruhnya dari aluminium yang menyediakan dasar untuk penanganan bahkan lebih lincah dan sporty, sebagai serta semua-baru, Seri keenam generasi 3 BMW.
Ajang pamer Auto Show New York 2012 yang merupakan pameran terbesar kedua di Amerika Utara, 2012 New York International Auto akan berlangsung mulai dari 06-15 April di Javits Convention Center di Manhattan, New York City. (Refferensi: http://www.tribunnews.com/2012/04/07/mobil-terbang-jadi-bintang-di-new-york-auto-show-2012)

 


 


 

Penulis : Noviyan ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Kendaraan mobil terbang di New York auto show 2012 ini dipublish oleh Noviyan pada hari Jumat, 01 Februari 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Kendaraan mobil terbang di New York auto show 2012
 

0 komentar: